@a Media

Beranda » Artikel Ekonomi » SEJARAH PERKEMBANGAN AKUNTANSI

SEJARAH PERKEMBANGAN AKUNTANSI

1.      Akuntansi dan Double Entry

Penelitian tentang sejarah akuntansi sudah semakin semarak dan publikasi yang khusus menganalisa dan memelajari sejarah akuntansi ini dimulai berbagai publikasi akuntansi dalamThe Accounting Historian Journal.

Untuk mempelajari sejarah akuntansi kita harus dapat membedakan antara praktek akuntansi itu sendiri sebagai perencanaan transaksi dengan system pembukuan double entry accounting system. Para ahli akan sepakat apabila pencatatan kejadian yang berhubingan dengan bisnis (pencatatn akuntansi) sudah dimulai sejak lama, hal ini terbukti dari berbagai penemuan-penemuan seperti ditemukan Ernest Stevelinck dalam artikelnya Accounting in Ancient Times sebagai berikut

Mesir memiliki sejarah akuntansi yang panjang. Ribuan bukti catatan akuntansi dalam kulit kayu (papyri) yang ditemukan lebih dari limabelas abad yang lal dan menjelaskan bahwa akuntansi itu telah ada lebih dari 3.000 tahun yang lalu  dengan beberapa tingkat kejelasanya”

Dalam artikel itu dijelaskan pada awal kerajaan measir itu seorang manajer yang bernama My memncatat transaksi harianya dalam calamos reed (sejenis kulit kayu)

Pada tahun 3300 sebelum masehi telah dikenal dua macam teknik akuntansi secara simultan. Yang pertama koin dengan bentuk tertentu disimpan dan ditandai dan kemudian dimasukan dalam amplop. Bentuk yang lain disimpan dan ditandai dalam bentuk yang lebih besar dengan berbagai variasi yang kompleks. Pemisahan ini mengambarkan perbedaan transaksi cash (utang, piutang dll) dengan teransaksi non cash (persediaan, piutang, dll)

Hal yang sama dalam bentuk yang berbeda juga ditemukan di Babylonia 2500 tahun yang lalu, pada tahum 1893 ditemukan lagi oleh orang yang melakukan ekspedisi ke Amerika di Nipur  sejenis abtuan dalam bentuk tablet yang dibuat 455 tahun sebelum masehi(Stevelinck, 1985 dalamSofyan)

Pendapat ini diperkuat lagi oleh Richard Mattessich (1987) dalam artikelnya yang berjudul Prehistoric Accounting and The Problem of Representation: On recent archeological evidence of the middle eastfrom 8000 BC to 3000, yang abstraknya mengemukakan sebagai berikut:

“Penelitian arkeologi akir-akir ini menghasilkan pandangan revolusioner tentang penemuan perhitungan, gambaran dan indiografi tulisan. Penemuan ini adalah sistim pemrosesan data dalam “clay tokens” yang sederhana dan kompleks dari berbagai bentuk telah terkumpul dalam sebuah amplop plastic untuk mengungkapkan secara simbolois nili asset dan transaksi ekonomi. Nominal dari koin telah ditemukan oleh arkeolog sepanjang Fertle Crescent dengan berlapis-lapis yang merupakan benda yang dikeluarkan antara tahun 8000 – 3000 sebelum masehi. Setelah itu baru ditemukan tablet palstik”

Penemuan penting ini menimbulkan dampak filosofi ekonomi yang penting yaitu (Mattessich , 1987):

  1. Penemuan ini menyimpulkan bahwa akuntansi mendahului penghitungan dan penulisan
  2. Konsep penyajian laporan keuangan ternyata berkembang secara perlahan
  3. Perhitungan angka muncul setelah melalui berbagai tahap
  4. Dikenalnya eksistensi abstract input output principle 10000 tahun yang lalu dan doeble entry 5000 tahun yang lalu
  5. Memperkenalkan validitas “Correspondence theory” Dalam teori ini dibahas bagaimana bahasan mengembangkan realitas, kombinasi apa yang digunakan untuk mengembangkan realitas, bagaimana menyusun siatu kalimat untuk menggambarkan ini dan seterusnya.

Menurut pendapat Mattessich diatas double entry sudah ada 5000 tahun yang lalu. Sedangkan kita kenal penemu double entry adalah Lucas Paciolo. System double entry accounting telah disepakati para hli pada awalnya diterbitkan oleh Lucas Pacioli dalam bukunya yang berisi 36 bab yang terbit pada tahun 1494 di Florence, italia dengan judul:  Summa a”Arithmetica, Geometria, Proportioni et Proportionilita.

Namun sebelum buku Pacioli terit juga di Florence Italy pada tahun 1211sudah berkembang system pembukuan. Menurut Kiyoshi dari Saitama menyebutkan

Orang yang pertama menulis (buka menerbitkan seperti Pacioli) tentang double entry bookkeeping system adalah Bandetto Cotruli pada tahun 1458, 36 tahun sebelum terbitnya buku Paciolo. Nmaun buku Bendetto Cotrugli ini baru terbit pada tahun 1573 atau 89 tahun setelah bbuku Partiolo terbit. Dengan penjelasan ini maka pertentangan sebenarnya tidak ada”

Kalau kita kaji sejarah Khususnya sejarah Islam sebenarnya pada awal pertumbuhanya mestinya sudah ada system akuntansi. Hal ini dapat kita simak dari adanya kegiatan perdagangan. Menurut sejarah kegiatan perdagangan ini sudah ada pemisahan antara pemilik dengan pedagang (manajer) seperti kisah Muhammad (sebagai pedagang) dan Khadijah (sebagai pemilik). Kemudian keberadaan Al-Quran dalam surat Al-Baqarah ayat 282 yang mewajibkan dibuat pencatatan untuk transaksi-transaksi yang belum tuntas seperti utang dan piutang.

Dan setelah timbulya Revolusi Industri pada tahun1776 telah menimbulkan evek positif terhadap perkembangan akuntansi. Pada tahun 1845 undang-undang perusahaan yang pertama di Inggris dikeluarkan untuk mengaturtentang organisasi dan setatus perusahaan. Dalam undang-undang itu diatur tentang kemungkinan perusahaan meminjam uang, mengeluarkan saham, membayar uang, dan dapat bertindak halnya perorangan. Perusahaan dapat dibentuk oleh kumpulan beberapa orang yang bekerja bersama-sama dalam satu badan.

Dan beberapa masalah yang menimbulkan diperlukanya akuntansi adalah: perkembangan ilmu yang berjalan semakin cepat, kegiatan ekonomi berkembmag semakin cepat dan menimbulkan teknik dan oenerapan system akuntansi diantara perusahaan-perusahaan. Keadaan ini menimbulkan perasangka negative bahwa manajemen dapat menyusun laporan keuangan dengan kehendak dirinya sehingga dia dapat memanipulasi laporan keuangan dan akibatnya laporangkeuangan dinggap kurang bernilai dan sampai pada puncakya tahun 1930 pada masa depresi berat di USA, akirnya USA membentuk SEC (Security Exchange Commision) sebagai salah satu lembaga yang banyak mendorong tercapainya suatu prinsip akuntansi yang baku. Dari lembaga inilah muncul konsep, teori dan perumusan-perumusan yang sistematis tentang teori akuntansi.

  1. 2.      Perkembangan/Pertumbuhan Ilmu Akuntansi

Seorang penulis Leo Herbert dalam artikelya di “The GAO Review” (Fall 1972, p 31) dengan judul Growth of Accountability Knowledge 1775-1975 menjelaskan  perkembangan akuntansi sebagai beriku:

  1. Tahun 1775 : Pada tahun ini mulai dikenal pembukuan baik yang single entry maupun double entry
  2. Tahun 1800 : Pada tahun ini dan sampai 1875 masyarakat menjadikan neraca sebagai laporan yang terutama digunakan dalam menilai perusahaan
  3. Tahun 1825 : Pada tahun ini mulai dikenal pemeriksaan keuangan
  4. Tahun 1850 : Pada tahun ini laporan lugi laba menggantikan posisi neraca sebagai laporan keuangan yang dianggap lebih penting. Pada periode ini perkembangan ilmu auditing semakin cepat dan audit dilakukan atas catatan pembukuan.
  5. Tahun 1900 : Di USA mulai diberlakukan sertifikasi profesi yang dilakukan melalui ujian yang dilakukan secara nasional. Kemudian pada periode ini akuntansi sudah dianggap dapat memberikan pola tentang pajak. Cost Accunting mulai dikenal termasuk laporan statistic biaya produksi
  6. Tahun 1925 : Banyak perkembangan yang terjadi yaitu :
    1. Mulai dikenal akuntansi pemerintah dan pengawasan dana pemerintah
    2. Teknik-teknik analisis biaya juga mulai dikenalkan
    3. Laporan keuangan mulai diseragamkan
    4. Norma pemeriksaan akuntan telah mulai dirumuskan
    5. Akuntansi untuk perpajakan mulai diperkenalkan
    6. Tahun 1950 s.d 1975 :

Pada tahun ini banyak yang dapat kita catat dalam perkembangan akuntansi.

  1. Pada periode nini akuntansi menggunakan computer untuk pengolahan data
  2. Perumusan prinsip Akuntansi sudah dilakukan
  3. Analisis cost Revenue semakin dikenal
  4. Jasa-jasa perpajakn seperti konsultan pajak perencanaan pajak mulai ditawarkan profesi akuntan
  5. Menegemen accounting sebagai bidang akuntansi yang kuhususnya untuk kpentingan manajemen muli dikenel dan berkembang pesat
  6. Muncul jasa-jasa manajemen seperti system perencanaan dan pengawasan
  7. Perencanaan manajemen makin dikenal demikian juga manajemen accounting.
  8. Mulai periode tahun 1975 semakin berkembang dan meliputi bidang-bidang lainya. Perkembangan itu antara lain:
    1. Timbulnya Manajemen Science yang mencakup analisis proses manajemen
    2. System informasi semakin canggih yang mencakum perkembangan

–          Model-model organisasi

–          Perencanaan organisasi

–          Teori pengambilan keputusan

–          Analisis cost benefit

  1. Metode permintaan yang menggunakan computer dan teori cybernetics
  2. Total  system review yang merupakan metode pemeriksaan efektif mulai dikenal
  3. Social accounting menjadi issu yang membahas pencatatan setiap transaksi perusahaan
  4. Dalam periode ini muncul:

–          Perencanaan system menyeluruh

–          Perencanaan metode inter disipliner

–          Human Behavior

–          Nilai-nilai sumber daya menjadi penting

–          Hubungan antar lembaga pemerintah semakin penting


1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: