@a Media

Beranda » Artikel Ekonomi » INDUSTRI KREATIF SEBAGAI ALTERNATIF PEMBANGUNAN EKONOMI INDONESIA

INDUSTRI KREATIF SEBAGAI ALTERNATIF PEMBANGUNAN EKONOMI INDONESIA

umkm-2Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.984 pulau  dengan luas wilayah laut dan darat 5.193.250  serta dengan jumlah penduduk 237.641.326 jiwa (BPS 2011) merupakan modal yang besar untuk menjadikan Indonesia negara yang maju dengan peningkatan laju pertumbuhan ekonomi dengan dukungan sumber daya alam yang melimpah.

Dibalik kenyataan tersebut Indonesia kini dihadapkan dengan berbagai permasalahan ekonomi, sosial, politik, budaya dan agama yang tak kunjung menunjukan titik temu pemecahan masalah yang baik. Masalah paling utama yang dihadapi masyarakat Indonesia kini adalah masalah perekonomian untuk menopang kelangsungan hidup setiap individu masyarakat. Data Word Bank (2015) Pertumbuhan diproyeksikan sebesar 4,7% untuk tahun 2015, turun dari proyeksi sebelumnya sebesar 5,2% karena pertumbuhan output riil melambat menjadi 4,7% tahun-ke-tahun pada kuartal pertama 2015, laju pertumbuhan paling lambat sejak 2009.

Persoalan yang tak kalah menarik adalah sebuah kenyataan bahwasanya denagn sumber daya alam Indonesia yang sangat melimpah banyak kebutuhan pangan dan lainya dalam negeri yang masih mengatungkan dari impor barang-barang dari luar negeri. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), di bulan Agustus saja, Indonesia sudah mengimpor beras hingga 35.818 ton dengan nilai US$ 19,132 juta. Jika diakumulasikan dari bulan Januari hingga Agustus 2013, banyaknya beras yang masuk ke Indonesia dari 5 negara tercatat sedikitnya 302.707 ton beras dengan nilai US$ 156,332 juta. Secara akumulatif nilai impor Indonesia non-migas  Januari-Oktober 2013 mencapai US $ 156,02 M dan Negara pemasok barang non migas terbesar adalah Cina, Jepang dan Singapura.

Salah satu trobosan penting untuk membangkitkan gliat perekonomian masyarakat Indonesia dan mencukupi kebutuhan konsumsi dalam negeri dan meningkatkan ekspor adalah bagaimana mengembangkan dan memunculkan industri kreatif yang dapat membuka peluang usaha dan tenaga kerja di lingkungan masyarakat sekitar. Karena pada dasarnya Industri kreatif merupakan sektor industrial yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, ketrampilan, dan bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan  daya kreativiti individu, keterampilan, dan bakat yang mempunyai potensi kekayaan serta penciptaan peluang pekerjaan melalui janaan dan eksploitasi harta intelek.

Pertumbuhan industri kreatif Indonesia saatini belumlah menunjukan hasil yang memuaskan karena Salah satu aspek terpenting dalam pengembangan industri kreatif di Indonesia adalah penciptaan wirausahawan kreatif. Karena para wirausahawan inilah yang akan berperan penting dalam pengembangan industri kreatif. Saat ini, Indonesia belum masuk kedalam kelompok negara industri maju di dunia karena masih banyak aspek yang menjadi persoalan dalam mengembangkan sektor industri nasional. Salah satunya adalah masih minimnya pelaku usaha atau pengusaha pada sektor ekonomi terutama ekonomi kreatif. Ini bisa dilihat dari jumlah pengusaha di Indonesia yang masih sangat rendah yang sesuai dengan peryataan Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan, bahwa jumlah pengusaha di Indonesia hanya sekitar 1,65 persen dari jumlah penduduk saat ini dari total penduduk sekitar 250 juta jiwa. Padahal idealnya jumlah wirausaha di sebuah negara sekitar 2% dari populasi jumlah penduduk Indonesia (Republika 12/03/2015)

Dengan berbagai uraian diatas  kini Indonesia masih terus harus berupaya bagaimana meningkatkan jumlah industrikreatif untuk meningkatkan petumbuhan ekonomi Indonesia yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: